Berita

Pariwisata Kota Padang Panjang Berbenah di Era New Normal

Pemberlakukan tatanan kehidupan baru (new normal) di Propinsi Sumatera Barat telah memungkinkan dibukanya aktivitas sosial dan perekonomian di daerah, termasuk aktivitas pariwisata. Salah satu kota di Propinsi Sumatera Barat yang mengandalkan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor penyumbang PDRB terbesar adalah Kota Padang Panjang. Memang tidak mudah membangkitkan kembali pariwisata Padang Panjang. Hal ini diakui sendiri oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kota Padang Panjang.

"<yoastmark

Setelah pemberlakuan new normal, masyarakat tidak serta merta merasa yakin untuk keluar rumah apalagi berada di tengah kerumunan. Untuk itu, Pemerintah Kota Padang Panjang mencoba mencari berbagai strategi untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata di era new normal ini, tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Strategi Membangkitkan Kembali Pariwisata Kota Padang Panjang

Menurut Pemerintah Kota Padang Panjang, salah satu strategi yang digunakan untuk membangkitkan kembali pariwisata Padang Panjang adalah dengan membangun kepercayaan masyarakat terlebih dahulu. Seperti diketahui, posisi Kota Padang Panjang cukup strategis untuk sektor pariwisata, karena daerah ini dilalui oleh masyarakat yang melakukan perjalanan dari Kota Bukittinggi ke Padang atau daerah lainnya di luar Sumatera Barat, seperti Riau dan Jambi. Intinya adalah bagaimana membangun kepercayaan masyarakat bahwa Pemerintah Kota menawarkan atraksi dan destinasi pariwisata yang mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Upaya untuk membangun kepercayaan tersebut dimulai dengan merancang Standard Operational Procedure (SOP) sektor pariwisata sesuatu protokol kesehatan. SOP Pariwisata ini diharapkan dapat memberikan keyakinan bagi masyarakat untuk berkunjung di destinasi-destinasi yang ditawarkan.

Potensi Pariwisata Kota Padang Panjang

Sebenarnya, potensi utama Pariwisata Kota Padang Panjang lebih ke wisata keluarga dibanding tour and travel. Destinasi paling favorit di Kota Padang Panjang adalah Minang Fantasi (Mifan) yang mencatat sekitar 162.833 pengunjung pada Tahun 2018. Di posisi kedua terdapat Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau, yang dikunjungi oleh 41.595 wisatawan pada Tahun 2018, dan di posisi tiga teratas ada Pemandian Lubuk Mata Kucing, yang dikunjungi 22.139 wisatawan pada Tahu 2018.

Jumlah kunjungan wisatawan di Tahun 2020 ini dipastikan akan berkurang. Meski demikian, pemerintah kota tetap optimis bahwa perekonomian masyarakat dapat pulih dalam beberapa tahun ke depan, sepanjang semua pihak berkomitmen menjalankan aktivitas sosial dan ekonomi sesuai protokol kesehatan.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Gerakan 3T dan Obat Sakit Maag Alami sebagai Upaya Mencegah Maag
  • Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit
  • Obat Sakit Maag Terbaik dan Mengapa Maag Tak Boleh Diremehkan
  • Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan dan Aktifitas Sehari-hari

Comment here