Berita

PASAMAN BARAT SERIUS ENTASKAN KEMISKINAN

penanggulangan kemiskinan

Kabupaten Pasaman Barat menunjukkan keseriusannya dalam mengentaskan kemiskinan, sesuai dengan target RPJMD Tahun 2016-2021. Pada tahun 2017, angka kemiskinan Pasaman Barat adalah 7,26%, masih berada di atas rata-rata angka kemiskinan Propinsi Sumatera Barat namun berada di bawah rata-rata nasional.

penanggulangan kemiskinan
penanggulangan kemiskinan

Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat untuk mencapai target pengurangan angka kemiskinan setiap tahunnya. Di antaranya adalah Program 1000 Renovasi Rumah Tidak Layak Huni, 1000 Listrik Gratis, dan 1000 Jamban Gratis, Program Pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan UMKM, dan pembangunan infrastruktur ke daerah-daerah tertinggal. Bukan hanya melalui APBD, program prioritas ini juga didukung melalui APB Nagari.

Keseriusan ini telah membuahkan hasil dalam 3 (tiga) tahun terakhir. Hal ini terbukti dengan berkurangnya angka kemiskinan Kabupaten Pasaman Barat dari 7.93% pada Tahun 2015, menjadi 7,40% pada Tahun 2016, dan turun lagi menjadi 7,26% pada Tahun 2017. Tentunya, Pemerintah Daerah belum bisa berpuas diri, karena sesuai RPJMD Kabupaten Pasaman Barat tahun 2016-2021, angka kemiskinan Kabupaten Pasaman Barat ditargetkan turun hingga sekitar 5,75%.

Pasaman Barat Lakukan Analisis Belanja untuk Penanggulangan Kemiskinan

Selain melalui program-program prioritas di atas, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat dibawah koordinasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) saat ini sedang melakukan analisis terhadap belanja public untuk penanggulangan kemiskinan. Pasaman Barat terpilih sebagai salah satu daerah pilot project dari Tim Nasional Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang berada di Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia.

Kegiatan yang sudah dimulai sejak bulan November Tahun 2017 ini disambut dengan baik oleh semua pihak. Seperti disampaikan Bupati Pasaman Barat dalam sambutannya di hadapan Unit Advokasi Daerah TNP2K dan Organisasi Perangkat Daerah yang tergabung dalam Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Pasaman Barat, kegiatan ini menjadi wadah yang sangat baik bagi pemerintah daerah untuk melihat sejauhmana keberpihakan anggaran daerah terhadap penanggulangan kemiskinan.

Analisis belanja publik ini akan menghasilkan rekomendasi terhadap penggunaan APBD yang berpihak kepada penanggulangan kemiskinan.

Apakah APBD selama ini sudah berpihak kepada penanggulangan kemiskinan?

Apakah program penanggulangan kemiskinan sudah menyasar permasalahannya?>

Apakah program yang ada sudah berada di lokasi yang tepat?

Apakah program yang ada sudah diterima oleh orang yang tepat?

Apakah APBD cukup untuk membiayai program prioritas?

Itu adalah beberapa pertanyaan yang diharapkan akan terjawab melalui analisis belanja public ini.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • BOLA MIE BROKOLI
  • Lidah Kucing
  • Kabupaten Layak Anak Pasaman Barat
  • Cristiano Ronaldo dan Jose Mourinho

Comment here