Bisnis

Peluang Usaha Pertanian yang Menguntungkan

peluang-usaha-pertanian
peluang-usaha-pertanian

Trend bisnis digital di masa sekarang ini seiring berkembangnya era internet dan computer memang membuat peluang usaha pertanian mulai jarang dilirik terutama oleh anak muda. Padahal faktanya jenis bisnis ini masih sangat potensial dan prospektif tak hanya menghasilkan keuntungan sekedarnya untuk memenuhi kebutuhkan hidup tapi berpeluang menjadikan Anda jutawan-jutawan baru. Apalagi bila mempertimbangkan kesuburan alam Indonesia yang luar biasa, akan sangat disayangkan bila model bisnis ini tak diterjuni secara serius.

Peluang usaha pertanian untuk dikembangkan

Merintis bisnis secara mandiri tentu saja memberikan banyak keuntungan bagi Anda, selain terbukanya kesempatan untuk meraup profit sebanyak-banyaknya sesuai target Anda, bisnis ini juga memberi Anda kebebasan waktu dan financial. Nah, simak ulasannya berikut ini.

Pertanian organic

Populernya hasil pertanian yang diklaim organic memang seiring dengan perkembangan trend hidup sehat dan alami oleh beberapa masyarakat. Yang dimaksud pertanian organic adalah bercocok tanam tanpa menggunakan pupuk penyubur sintesis serta obat-obatan kimia untuk mengatasi hama.  Hasil pertanian organic ini dipercaya lebih sehat dan tidak menimbulkan penumpukan bahan kimia berbahaya dalam tubuh.

Jenis tanaman yang dapat dikembangkan dalam pertanian organic adalah buah-buahan, sayuran, tanaman obat dan bumbu-bumbu.Peluang usaha pertanian organic karena dapat dijual dengan harga mahal mengingat hasil produksinya tak sebanyak pertanian pada umumnya.

Bertanam sayuran

Bila Anda mempunyai lahan milik sendiri yang tak terpakai, cobalah bertanam sayuran yang masa panennya singkat seperti kacang panjang, bayam, dan kangkung. Anda bisa menerapkan modal pertanian pada umumnya atau secara hidroponik. Setelah panen cobalah menawarkan ke tetangga di dekat rumah yang bisa menjadi pelanggan setia Anda. Beri nilai tambah pada hasil sayur-mayur yang Anda tanam, misalnya dijamin tak menggunakan bahan kimia berbahaya untuk menarik minat konsumen.

Bertanam tanaman obat

Peluang usaha bidang pertanian yang juga bisa Anda coba adalah bertanam tanaman obat karena semakin banyak orang yang mengatasi gangguan kesehatan dengan terapi alternatif menggunakan jamu-jamuan. Bila Anda bisa menghasilkan tanaman obat dalam volume besar tawarkan untuk menjadi supplier bagi industry rumahan produk minuman herbal dan kesehatan. Berbagai jenis tanaman obat yang bisa dibudidayakan adalah jahe merah, kunyit putih, kunyit, temulawak, bawang baby, daun sirih, lidah buaya, kumis kucing, dan sebagainya. Gunakan polybag bila lahan yang tersedia tidak cukup luas.

Berdagang bibit tanaman

Bila ingin mencoba agribisnis tanpa berniat bersusah payah bercocok tanam, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha pertanian yang menjanjikan dengan menjadi reseller bibit tanaman. Pasar bibit tanaman di tanah air kita ini tak terbatas jumlahnya dan tak ada salahnya Anda mencoba untuk berpartisipasi. Apalagi semakin banyak pengusaha yang menawarkan system dropship bagi Anda yang ingin berbisnis tanpa modal. Manfaatkan market place, situs web, dan social media untuk “gelar lapak” Anda dan tunggu pelanggan berdatangan.

Bisnis tanaman hias

Tanaman hias juga menyediakan peluang usaha agribisnis pertanian dengan profit yang menggiurkan. Anda tentu masih ingat saat gelombang cinta atau anturium menjadi trend hingga harganya mencapai puluhan kali lipat. Tanaman hias juga dibutuhkan untuk beragam jenis property komersil seperti hotel, apartemen, dan lain-lain.

Untuk itu Anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak terkait misalnya penyedia jasa desain interior sebagai supplier tanaman hias dalam ruangan. Ide peluang usaha lain yang berhubungan dengan tanaman hias adalah menyewakan tanaman hias untuk berbagai acara hajatan, pameran, seminar, dan lain-lain.

Jadi, peluang usaha pertanian mana yang berniat Anda kembangkan.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here