Olahraga

Pemain Emas Paling Muda Ajang Asian Games 2018: Rio Rizki

Rio-Rizki-Darmawan
Rio-Rizki-Darmawan

Salah satu anggota dari tim dayung Indonesia pada nomor kelas ringan delapan putra, yakni Rio Rizki Darmawan, adalah atlet paling muda kontingen Tim Merah Putih yang berhasil meraih emas Asian Games 2018.

Rio Rizki: Termuda Gapai Emas Asian Games 2018

Rio Rizki sendiri yang asalnya dari Sulawesi Tengah berhasil masuk ke pelatnas dayung untuk ajang Asian Games edisi ke-18 setelah Pekan Olahraga Nasional 2018 yang dihelat di Jawa Barat. Sejak saat itu, Rio jadi andalan Indonesia.

Ketika ajang PON XIX Jabar, Rio pasalnya tak bisa meraih prestasi yang menganggumkan. Ia hanya mendapatkan medali perunggu pada nomor single sculls kelas ringan putra. Namun prediksi PB Persatan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) pasalnya tidak salah. Rio akhirnya berhasi lolos pelatnas dan bisa menjadi tim dayung Indonesia pada ajang paling bergengsi di Asia yaitu Asian Games 2018 sekaligus juga bisa meraih emas pertama yang ada di cabang olahraga dayung.

Salah satu faktor yang mana membuat PODSI terpikat dengan bakat dari Rio ini adalah kemampuannya yang sangat mudah beradaptasi. Hal ini pasalnya berkaca dari PON yang dihelat di Jawa Barat, Rio masih tetap bisa meraih medali perunggu walaupun memakai peralatan yang belum pernah ia pakai ketika persiapan.

Prestasi yang didapatkan oleh Rio di dunia dayung pasalnya terus saja menanjak selama dirinya mengikuti pelatnas. Di kejuaraan Nasional Dayung dan juga Asian Rowing yang diselenggarakan di Palembang, Sumatra Selatan, Desember tahun 2017 lalu, ia berhaisl meraih satu buah emas dan juga satu buah perak.

Tahun ini, Rio kembali lagi membawa tim dayung Indonesia meraih 2 buah emas di Belanda. Masing-masing satu buah emas di kejuaraan yang diselenggarakan di Bosban, Amsterdam, dan satu lagi di kejuaraan Holland Beker. Kedua kejuaraan tersebut adalah bagian dari pemusatan latihan tim dayung dari Indonesia menjelang Asian Games 2018.

Prestasi Rio di Asian Games 2018

Pada ajang Asian Games 2018, Rio yang lahir pada tanggal 11 Februari 2003 mencatatkan namanya sebagai seorang peraih emas paling muda untuk sekarang ini dengan usia yakni 15 tahun. Sementara untuk peraih emas Indonesia yang tertua diraih oleh Hening Paradigma dari cabang olahraga Paralayang yaitu dengan usia 32 tahundi Asian Games 2018.

Selain itu, medali emas itu adalah emas pertama untuk Indonesia di cabang olahraga dayung pada multi cabang paling besar seAsia. Sepanjang partisipasinya di Asian Games, prestasi paling baik tim dayung Indonesia Cuma bisa meraih medali perak dari nomor single sculls putra pada Asian Games 1998 yang pada waktu itu digelar di Bangkok, Thailand, lewat Lasmin.

 

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comments (1)

  1. […] Timnas Indonesia Luis Mila, Cuma melakukan satu pergantian susunan pemain ketika Timnas Indonesia U23 VS Uni Emirat Arab di babak 16 besar pada ajang Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Stadion […]

Comment here