Motivation

Pentingnya Mempunyai Motivation Dalam Bisnis

Rasanya semakin banyak saja orang yang ingin menjadi pengusaha terutama anak-anak muda. Apalagi jalan dan akses untuk itu terbuka semakin lebar dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Merintis bisnis online pun banyak menjadi pilihan karena praktis, tak butuh modal besar, dan tak perlu stok barang. Meskipun demikian dalam menjalani bisnis apa pun, termasuk bisnis online dibutuhkan motivation karena jalan yang harus ditempuh untuk mencapai keberhasilan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Seorang pebisnis harus mempunyai keberanian dalam mengambil resiko yang berkaitan dengan bisnisnya. Anda mungkin akan gagal tapi bisa juga berhasil dan mendapatkan omzet yang besar. Yang paling penting seorang pengusaha harus bersedia bangkit kembali setelah mengalami kegagalan. Terlalu lama terpuruk akan membuat Anda semakin sulit melangkah maju dan pada kemungkinan terburuk malah berhenti di tengah jalan. Karena itu Anda harus mempunyai tenaga untuk meraih goal atau tujuan Anda.

Pentingnya-Mempunyai-Motivation-Dalam-Bisnis
Pentingnya-Mempunyai-Motivation-Dalam-Bisnis

Pentingnya mempunyai motivasi dalam bisnis

Yang dimaksud motivasi adalah dorongan atau semangat dari dalam diri untuk mencapai tujuan Anda dalam bisnis sehingga akan berpengaruh pada seluruh tindak-tanduk Anda dalam upaya tersebut. Motivasi bisa timbul dari dalam diri sendiri, atau orang lain, misalnya orang-orang terdekat dan disayangi. Demi merekalah umumnya orang rela membanting tulang untuk mengembangkan bisnisnya. Jadi pada kasus tersebut dapat dibilang bahwa goal dalam memulai bisnis adalah untuk menyediakan kehidupan yang nyaman bagi orang-orang yang dicintai.

Menanamkan motivation yang positif dalam bisnis

Tak mudah memang menanamkan motivation dalam diri demi kesuksesan bisnis Anda, karena itu beberap langkah berikut mungkin dapat membantu  Anda.

Percaya diri – Merasa minder karena selalu mengira diri kita lebih rendah, lebih miskin, atau lebih bodoh dibandingkan orang lain tak akan membawa kita kemana-mana.  Bila perasaan tersebut muncul kembali segeralah ubah pikiran menjadi lebih positif dengan meyakini bahwa manusia adalah makhluk yang telah diberi karunia begitu sempurna oleh Tuhan. Setiap orang mempunyai peran di dunia dalam garis hidupnya.

Focus – Kenali diri Anda dengan baik agar mengetahui apa saja potensi dan kekurangan Anda. Dengan begitu Anda bisa berkonsentrasi untuk mengoptimalkan kelebihan Anda dan mencari solusi untuk kekurangan Anda. Contohnya dalam bisnis Anda jago sekali dalam mengeksekusi ide-ide menjadi produk namun tak piawai dalam menjualnya. Bila demikian Anda butuh mencari mitra yang jago dalam marketing atau mengambil kursus pemasaran praktis untuk keberlansungan bisnis Anda.

Mengelola emosi – Faktanya tak semua orang cerdas dalam mengelola emosinya dan perlu Anda ketahui kalau hal ini tak ada hubungannya dengan skor IQ atau intelegensia. Tak sedikit orang yang bisnis, pendidikan, dan hubungan personalnya rusak gara-gara kekurangan tersebut. Contohnya saat emosi negatif menguasai yaitu takut gagal, sulit bangkit setelah mengalami kegagalan, atau diragukan oleh orang-orang yang disayangi, mereka yang kurang dapat mengelola emosinya akan langsung berhenti dan mundur.

Sebaliknya, mereka yang dapat berpikir obyektif tidak akan kehilangan fokusnya untuk meraih goal. Goal inilah yang menjadi motivasi dalam bisnis sehingga sekuat tenaga akan mengupayakan agar bisnis tetap berjalan walau setinggi apa pun tembok yang menghadang. Hal ini memang tak mudah tapi Anda harus percaya kalau dapat melakukannya.

Lakukan yang Anda bisa – Walaupun sudah melakukan upaya terbaik ada kalanya ada saja keadaan yang membuat Anda tak berkutik sehingga mengalami hambatan dalam bisnis, contohnya, krisis ekonomi global yang tentu saja diluar kendali Anda namun membawa pengaruh yang cukup signifikan. Pada kondisi tersebut ingatlah kalimat “do your best and God will do the rest.”

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation
  • 6 Teknik Menjalankan Bisnis Properti Menguntungkan Untuk Pemula

Comment here