Info

Penyakit Pneumonia – Penyebab, Akibat, Gejala, Pencegahan

Penyakit-Pneumonia
Penyakit-Pneumonia

Paru-paru merupakan organ yang sangat penting untuk manusia. Fungsinya yaitu untuk lokasi pertukaran oksigen yang diperlukan tubuh dan mengeluarkan karbondioksida yang merupakan sisa dari proses pernapasan. Dibalik kegunaannya yang besar, ada penyakit Pneumonia yang mengintai atau biasa disebut paru-paru basah oleh masyarakat. Penyebabnya adalah karena adanya infeksi yang mengakibakan alveoli/ kantung udara di dalam paru-paru dipenuhi dengan cairan dan juga nanah. Tentu saja hal tersebut membuat kemampuan untuk menyerap oksigen menjadi berkurang.

Penyebab & Gejala Penyakit Pneumonia

Faktor yang menyebabkan penyakit paru-paru bisa terjadi, berasal kurang lebih dari 30 macam sumber infeksi, tapi utamanya yaitu virus, bakteri, mikroplasma, senyawa kimia, jamur serta lainnya. Meskipun yang disebabkan oleh bakteri tidak banyak, tapi infeksi yang ditimbulkannya cenderung lebih berat bila dibandingkan dengan nonbakteri. Yang paling sering menjadi penyebabnya adalah Virus sinsitial pernapasan, influenza, painfluenzae dan adenovirus.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit Pneumonia adalah :

  • Sesak nafas serta dada nyeri
  • Saat keluar dahak, kerap bercampur dengan darah
  • Berat badan terjadi penurunan
  • Demam
  • Sering berkeringat pada malam hari, walaupun tidak melakukan kegiatan apapun
  • Batuk yang disertai dahak dalam kurun waktu 3 minggu atau dapat pula lebih
  • Nafsu makan menurun

Pencegahan Penyakit Pneumonia

Dengan mengetahui tanda-tandanya, anda jadi bisa melakukan pendeteksian sejak dini. Jika telah merasakannya, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Bila sudah didiagnosis menderita penyakit paru-paru, anda diminta untuk melakukan terapi sampai 6 bulan, minum obat secara teratur dan pemeriksaan yang berulang. Mungkin menjalankannya terasa berat karena dilakukan dalam kurun waktu yang lama. Tapi jika ingin lekas sembuh, anda harus mengikuti anjuran dari pihak medis yang menanganinya.

Untuk menghindari penyakit Pneumonia, anda bisa mengganti ranjang yang tinggi, untuk melakukan penghindaran menghirup uap air dari lantai, selain itu dapat pula dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat seperti istirahat cukup, tidak merokok, tidak begadang, konsumsi makanan bergizi, membuka jendela di pagi sampai sore hari. Terapkanlah secara teratur. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here