Berita

Peringatan 11 Tahun Gempa Padang yang Dijadikan Evaluasi Untuk Tetap Hati-Hati Dengan Potensi Bencana yang Akan Terjadi di Masa Depan

Saat ini merupakan peringatan tepat 11 tahun lamanya gempa yang mengguncang Padang. Memang sudah sangat lama berlalu namun masyarakat di Sumatera Barat diminta untuk tidak boleh lupa mengenai gempa Padang itu karena penting untuk tahu cara menghadapi bahaya serupa. Irwan Prayitno yang merupakan Gubernur Sumatera Barat memberikan tanggapannya mengenai gempa yang berlangsung 11 tahun lalu itu.

Peringatan 11 Tahun Gempa Padang yang Dijadikan Evaluasi

Mitigasi Mengenai Gempa Padang yang Sebaiknya Diketahui Semua Warga Sumbar

Beliau hanya berharap jika masyarakat yang tinggal di wilayah Sumatera Barat tidak melupakan gempa Padang itu namun memiliki pengetahuan sekaligus tahu tindakan pencegahan atau mitigasi yang cukup baik untuk menghadapi bencana yang serupa apabila muncul suatu hari nanti. 11 tahun yang lalu, gempa dengan kekuatan 7.6 SR yang terjadi di Padang itu menjadi salah satu bencana alam terbesar yang tidak bisa dilupakan sama sekali dan tetap melekat di setiap ingatan masyarakat.

Setiap tahunnya selalu ada peringatan yang dilakukan guna mengenang peristiwa memilukan tersebut di Tugu Gempa Padang. Ketika diwawancara pada kantor DPRD hari Rabu yang lalu, Irwan mengatakan bila peringatan seperti ini memang perlu dilakukan tapi tidak perlu sampai diratapi sama sekali. Terlebih bapak Gubernur juga mengatakan bahwa sebaiknya peringatan pada 11 tahun itu dijadikan sebagai bahan untuk evaluasi dan masyarakat diminta untuk punya sikap mitigasi dimana jika terjadi seperti itu lagi, maka harapannya semua warga segera keluar rumah.

Namun jika keluar rumah, sebaiknya jangan menuju gunung, bukit maupun tepi sungai sebab berpotensi untuk terjadinya tanah longsor yang juga berbahaya. Sementara itu Hendri Septa yang merupakan Plt Walikota Padang juga memberikan himbauan untuk seluruh masyarakat selalu waspada dengan ancaman megathrust apalagi diketahui adanya berita mengenai potensi Megathrust yang disertai dengan tsunami sekitar 20 meter diprediksi akan terjadi di pulau Jawa.

Padang juga merupakan wilayah yang rawan  dan bisa terjadi potensi bencana yang sama besarnya seperti Mentawai Megathrust. Guna mencegah gempa Padang terjadi lagi, maka warga diminta untuk selalu siap dan waspada. Istilah Megathrust sendiri artinya adalah zona merah yang telah menjadi tumbukan lempeng yang ada di kedalaman dangkal dan memiliki potensi terjadinya patahan naik yang sangat besar. Tidak terbayangkan seperti apa jadinya jika hal itu terjadi sehingga warga Sumatera Barat selalu diminta untuk hati-hati.

Sorry! The Author has not filled his profile.
×
Sorry! The Author has not filled his profile.
Latest Posts
  • CAR BRI Meningkat, BRI Coba Perkuat Cadangan
  • Gubernur Sumbar Kirim Surat Resmi Tolak UU Cipta Kerja Pada DPR RI
  • Tak Lama Lagi Kamera Ponsel Pintar Dapat Mendeteksi Diabetes
  • Para Seniman di Padang Ekspresikan Kegelisahan Pandemi Covid-19 Melalui Mural

Comment here