Berita

Pertama di Propinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat Laksanakan Rembuk Stunting secara Virtual

Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat melaksanakan Rembuk Stunting secara virtual menggunakan Aplikasi Zoom pada hari Rabu/03 Juni 2020. Pelaksanaan rembuk stunting secara online ini mengacu kepada surat dari Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 440/2159/Bangda Tanggal 26 Mei 2020 tentang Pelaksanaan Rembuk Stunting pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Pertama di Propinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat Laksanakan Rembuk Stunting secara Virtual
Pertama di Propinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat Laksanakan Rembuk Stunting secara Virtual

Acara Rembuk Stunting Online Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2020 ini dihadiri langsung oleh Bapak Bupati Pasaman Barat, H. Yulianto, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Yudesri, S.IP M.Si, di Aula Bappeda Kabupaten Pasaman Barat. Namun, peserta lainnya yang terdiri dari unsur Forkopimda, OPD tim koordinasi pencegahan stunting Kabupaten Pasaman Barat, instansi vertikal, camat se-Kabupaten Pasaman Barat, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Pasaman Barat, Perguruan Tinggi, organisasi masyarakat, pendamping desa, pendamping lokal desa, dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) mengikuti rembuk stunting secara online menggunakan aplikasi Zoom.

Dalam sambutannya, Bupati Pasaman Barat tetap menegaskan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat untuk tetap melaksanakan program/kegiatan pencegahan stunting di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Meski saat ini sebagian besar OPD, kecamatan, maupun pemerintah nagari menghadapi masalah finansial karena refocusing anggaran untuk penanganan dampak covid-19, Bupati tetap berharap agar semua pihak berupaya semaksimal mungkin memanfaatkan sumber daya yang ada.

Rembuk Stunting Online (RSO) dilaksanakan untuk mempertajam dan menyepakati Rencana Kerja Pencegahan Stunting Tahun 2021, yang nantinya akan diakomodir dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2021. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah:

  1. Eduard Sigalingging, M.Si, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III, Kementerian Dalam Negeri;
  2. Yudha Prima, S.STP M.Si, Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Propinsi Sumatera Barat;
  3. Joni Hendri, M.Si Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman Barat
  4. Etris Dsem, S.STP M.Si Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Pasaman Barat;
  5. Jon Hardi, M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat.

Dengan pelaksanaan rembuk stunting online (RSO), Kabupaten Pasaman Barat menjadi kabupaten pertama yang melaksanakan rembuk stunting dalam rangkaian pelaksanaan Aksi Konvergensi Pencegahan Stunting di Tahun 2020. Sesuai Surat Keputusan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor 42/M.PPN/HK/04/2020 tentang Penetapan Perluasan Kabupaten/Kota Lokasi Fokus Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2021, Kabupaten Pasaman Barat masih menjadi salah satu lokasi prioritas penanganan stunting secara nasional.

Rembuk stunting online Kabupaten Pasaman Barat ini mendapat juga atensi yang cukup besar dari pemerintah pusat. Perwakilan pemerintah pusat yang berpartisipasi melalui Zoom antara lain: Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Local Government Capacity Building TP2AK Sekretariat Wakil Presiden RI, Tim INEY Bappenas, tim LGCB / TA Pool Kemendagri Regional I Medan, serta perwakilan propinsi, yakni Bappeda dan Dinas Kesehatan Propinsi.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Masyarakat Sumbar Diajak Gubernur Untuk Dukung Konversi Bank Nagari Menjadi Bank Umum Syariah
  • Diet Mayo Clinic sebagai Obat Sakit Maag Alami
  • Budget Hotel untuk Wisata Keluarga di Bandar Lampung
  • Makanan Obat Sakit Maag dan Yang Harus Dihindari

Comment here