Kuliner

Resep Kue Lumpur Kentang NCC Lezat Dan Bergizi

kue-lumpur-kentang-ncc
kue-lumpur-kentang-ncc

Siapa yang tak kenal dengan kue lumpur? Ya, walaupun namanya lumpur tetapi kue tradisional ini memiliki banyak penggemar karena rasanya yang lembut dan lumer dalam mulut. Seiring dengan semakin berkembangnya dunia kuliner, resep kue lumpur tradisional ini juga banyak mengalami modifikasi misalnya dengan menambahkan kentang tumbuk dalam adonannya. Tentu saja rasanya akan menjadi lebih lezat dan kandungan karbohidrat dalam kentang juga akan menyehatkan tubuh juga membuat Anda menjadi cepat kenyang. Bila ingin membuat sendiri kue lumpur kentang yang lezat di dapur Anda, berikut ini adalah resep kue lumpur kentang ncc yang dapat Anda coba.

Resep kue lumpur kentang ncc bergizi

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk mengolah resep kue lumpur kentang ncc yang lezat adalah, 125 gram kentang dikukus kemudian dilumatkan dengan alat khusus atau secara manual menggunakan sendok. Anda harus langsung melumatkannya pada kondisi panas agar kentang tidak menggumpal. Selain kentang Anda juga membutuhkan 250 gram tepung terigu, 400 ml santan kental dan 1 bungkus santan instan, 125 gram margarin cair, ¼ sdt vanili, ¼ sdt garam, 125 gram gula pasir, dan 2 butir telur ayam.

Cara membuat resep kue lumpur kentang ncc:

  • Masukkan telur yang sudah dipecah cangkangnya, gula pasir, dan vanili ke dalam baskom lalu aduk hingga rata menggunakan mixer berkecepatan sedang selama 10 menit. Tuangkan kentang tumbuh satu sendok demi satu sendok dan tepung terigu secara perlahan-lahan. Terus aduk adonan hingga merata.
  • Tuangkan santan cair sedikit demi sedikit kemudian santan instan, garam, dan margarin yang telah dilelehkan. Aduk adonan hingga rata lalu saring agar kue lumpur yang telah matang benar-benar terasa lembut tanpa gumpalan-gumpalan kentang.
  • Letakkan cetakan kue di atas kompor lalu panaskan dan olesi dengan mentega. Anda hanya cukup melakukannya sekali saja saat hendak mencetak adonan untuk yang pertama kalinya. Tuangkan adonan ke dalam cetakan hingga mencapai tinggi setengah dari cetakan tersebut dan tunggu hingga matang. Bila adonan telah matang dan berwarna kuning keemasan artinya adonan siap diangkat.

 Resep kue lumpur kentang ncc aneka toping

Untuk membuat tampilan kue lumpur kentang lebih bervariasi, Anda bisa mencoba resep kue lumpur kentang ncc ini dengan menambahkan aneka toping. Jenis-jenis toping yang bisa Anda siapkan adalah mesis, serutan kelapa muda, parutan keju, kismis, atau yang lainnya sesuai selera. Caranya, saat adonan sudah setengah matang, taburkan toping sesuai selera lalu diamkan hingga kue matang sempurna. Anda juga bisa menambahkan perasan daun pandan dan daun suji sebagai variasi agar warna adonan menjadi berwarna hijau cantik. Selain itu aroma adonan akan menjadi lebih harum dengan ekstrak daun pandan tersebut. Nah, semoga bermanfaat!

 

 

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Daftar-Bisnis-Yang-Viral-Saat-Ini
  • Menanamkan-Motivation-Untuk-Meraih-Kesuksesan
  • Pegal-dan-Nyeri-Setelah-Fitness,-Wajar-Atau-Tidak
  • Bolehkan-Olahraga-Saat-Sakit

Comments (1)

  1. […] yang harus Anda siapkan untuk membuat resep kue bolu kukus lapis ini adalah 6 butir telur ayam, 250 gram gula pasir, 200 ml santan kental (sebaiknya dari kelapa […]

Comment here