Kuliner

Resep Makanan Unik dari Serangga

Tanah air kita menyimpan kekayaan kuliner yang luar biasa, bahkan makanan-makanan unik dari bahan yang tidak biasa, seperti serangga. Salah satu serangga yang cukup populer untuk diolah menjadi hidangan adalah laron atau rayap dewasa yang telah tumbuh sayap. Serangga ini menyukai cahaya dan banyak ditemukan di musim penghujan. Umumnya laron akan terbang berkelompok untuk mencari  pasangan dan setelah sayapnya terlepas akan membentuk koloni yang baru. Masakan dari laron cukup populer di kawasan Jawa Tengah dengan diolah menjadi pepes tawong dan rempeyek tawon. Anda penasaran dengan resep makanan unik ini? Simak ulasannya.

Resep-Makanan-Unik-dari-Serangga
Resep-Makanan-Unik-dari-Serangga

Mencoba resep makanan unik dari laron

Ternyata bukan hanya masyarakat  Jawa Tengah saja yang mengonsumsi serangga ini melainkan juga penduduk asli Afrika Selatan, Tengah, dan Barat. Mereka bahkan menganggap laron sebagai salah satu makanan yang penting. Hal ini agak berbeda dengan masyarakat di Indonesia yang saat ini mengonsumsi laron sebagai selingan saja. Serangga ini kerap diolah dengan bumbu-bumbu rempah dan parutan kelapa lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Selain itu bisa juga dijadikan rempeyek dengan diolah bersama tepung beras dan digoreng. Namun pada artikel ini akan diulas cara membuat rempeyek laron saja.

Laron lebih banyak dikonsumsi di zaman dulu, di awal musim hujan saat sawah masih belum panen dan ternak-ternak mengurus setelah kemarau. Saat cadangan bahan makanan habis laron menjadi alternatif sumber makanan bergizi dan bercitarasa  lezat. Dari riset yang pernah diadakan ternyata serangga ini mengandung protein tinggi serta asam amino leusin, sistein, alanin, valin, serin, lysine, dan treonin. Laron ternyata juga mempunyai kandungan vitamin B walaupun dalam dosis yang kecil.

Dahulu serangga ini ditangkap dengan cara memasang perangkap jaring di sekitar lampu. Untuk menghilangkan sayapnya, laron kemudian ditampi dan berikutnya digoreng tanpa minyak hingga kering. Meskipun tanpa minyak  Anda akan melihat saat digoreng laron akan mengeluarkan minyak alami. Konon setelah disangrai laron akan mempunyai citarasa seperti kacang tanah dengan tekstur yang agak lunak tapi renyah. Selain itu ada pula sedikit aroma amis namun tak sampai mengganggu.

Nah, berikut ini adalah resep makanan unik rempeyek laron

Bahan-bahan:

Laron

Tepung beras

2 lembar daun jeruk dirajang tipis

1 sdt ketumbar bubuk

1 sdt garam

2 siung bawang putih

Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:

Laron dihilangkan sayapnya lalu dicuci sampai bersih dan ditiriskan. Sambil menunggu tiris bumbu-bumbu dihaluskan lebih dahulu kemudian dicampurkan dengan adonan tepung beras yang sudah diencerkan dengan air. Masukkan laron dan aduk sampai merata. Adonan siap digoreng tipis-tipis untuk dijadikan rempeyek. Gunakan api sedang saat menggoreng adonan ini. Tiriskan rempeyek laron dan simpan dalam kaleng bertutup rapat. Bagi Anda yang bernyali boleh juga sesekali mencoba resep makanan unik dari laron ini.

Walaupun serangga digadang-gadang sebagai sumber pangan pengganti karena kandungan proteinnya yang tinggi, namun beberapa penelitian menemukan bahwa agak sulit mendapatkan manfaat maksimalnya untuk diserap tubuh. Alasannya pengolahan yang kurang tepat, yaitu terlalu lama memanaskan serangga. Meskipun demikian mengonsumsi serangga mentah-mentah sebaiknya juga tak dilakukan karena berpotensi memasukkan mikroorganisme parasit ke dalam tubuh yang bisa membahayakan kesehatan.

Dari ulasan tersebut sebaiknya resep makanan unik yang menggunakan serangga sebagai bahan bakunya dikonsumsi dalam rangka rekreatif saja dan bukan sebagai makanan sehari-hari bila tidak terdesak. Toh sekarang cukup mudah ditemukan bahan makanan lain yang lebih sehat.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here