Berita

Sholat Idul Adha Wilayah Sumatera Barat Tetap Diselenggarakan di Halaman Kantor Gubernur Sesuai Protokol Kesehatan Masa Pandemi Covid-19

Tanggal 31 Juli 2020 nanti umat muslim di Indonesia akan merayakan hari raya kurban atau Idul Adha 1441 H. Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang belum mereda, PHBI atau Panitia Hari Besar Islam Provinsi Sumatera Barat tetap akan menyelenggarakan sholat  Idul Adha hari Jumat. Menurut Kabiro Mental dan Kesra Setdaprov Syaifullah setelah rapat PHBI yang berlangsung di ruangan kantor gubernur, ibadah sholat  pada hari Raya Kurban ini tetap akan diselenggarakan di halaman depan kantor gubernur.

sholat  idul adha
sholat idul adha

Akan tetapi, sholat  Idul Adha tetap akan dilaksanakan menggunakan dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi Covid-19 ini. Yang akan memimpin ibadah sholat ini sebagai imam adalah Uztad Hj. Syaihul Basir Lc sementara yang menjadi khatibnya adalah Prof. Dr. H Duski Samad Mag yang juga menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia atau MUI sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia Sumatera Barat. Seperti yang dikatakan oleh bagian Humas dari Pemprov Sumbar bahwa panitia akan melakukan berbagai persiapan di lapangan dengan baik.

Mereka akan mulai dengan memasang tali saf dan juga mimbar dengan mengikuti protokol kesehatan yang berguna untuk mencegah dan mengantisipasi adanya penyebaran virus Covid-19 ini dimana mereka juga akan menempatkan sejumlah tempat cuci tangan tepat di pintu masuk dan mengukur suhu dari setiap orang yang akan menjalankan ibadah shalat ied di halaman kantor gubernur ini. Syaifullah pun juga menambahkan bahwa semua orang yang hadir harus dan wajib untuk mengenakan masker dan mereka juga wajib untuk membawa alas dan sajadah masing-masing.

Sementara bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu atau yang sedang tidak enak badan diharuskan untuk berada di rumah. Ini merupakan shalat ied pertama yang diselenggarakan pada masa new normal dimana masyarakat tetap harus disiplin dan waspada sekaligus selalu mengikuti anjuran kesehatan dari pemerintah sehingga acara ini bisa berlangsung dengan lancar. Beliau juga mengatakan jika pada hari shalat turun hujan, maka ibadah pun akan dipindahkan di dalam masjid raya Sumbar dimana semua panitia dan pihak keamanan harus mendukung sekaligus tetap mengamankan acara ini sampai selesai.

Namun jika hari masih cerah dan tidak ada tanda-tanda turun hujan, maka shalat tetap akan diselenggarakan di tempat semula yang telah diatur yaitu di halaman kantor gubernur sampai selesai dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan di masa pandemi ini. Beliau pun menambahkan jika dirinya dan warga Sumatera Barat sangat bersyukur sebab Bapak Presiden RI Joko Widodo masih sangat perhatian dengan masyarakat di Sumatera Barat dengan adanya penyembelihan hewan kurban yang beratnya adalah 1,060 ton yang dilakukan pada hari Sabtu di halaman masjid Raya Sumbar tersebut untuk para warganya.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Masyarakat Sumbar Diajak Gubernur Untuk Dukung Konversi Bank Nagari Menjadi Bank Umum Syariah
  • Diet Mayo Clinic sebagai Obat Sakit Maag Alami
  • Budget Hotel untuk Wisata Keluarga di Bandar Lampung
  • Makanan Obat Sakit Maag dan Yang Harus Dihindari

Comment here