Marketing

Strategi Marketing dengan Sensasi

Terlalu banyak produsen yang mengincar pasar yang sama tentu menciptakan kondisi market yang kian crowded dengan kompetisi yang ketat. Bila sudah demikian untuk mampu bertahan dalam persaingan strategi marketing yang dipilih harus benar-benar tepat. Inovasi adalah sebuah keharusan agar produk yang disediakan oleh pengusaha mampu menimbulkan penasaran hingga membangkitkan ketertarikan untuk mencoba. Salah satunya dengan packaging berdesain unik untuk menarik minat calon pembeli.

Selain itu ada strategi pemasaran dengan sensasi  untuk mendapatkan perhatian banyak orang. Gossip yang sengaja disebarkan akan menimbulkan rasa ingin tahu dan seterusnya menciptakan kesempatan untuk meningkatkan penjualan.

Strategi-Marketing-dengan-Sensasi
Strategi-Marketing-dengan-Sensasi

Strategi marketing sensasi dalam showbiz

Rasanya tak ada orang Indonesia yang tidak kenal dengan penyanyi sensasional Syahrini. Haters dan lovers penyanyi cantik itu mungkin sama jumlahnya dan kerap “baku hantam” di media social. Ada-ada saja tingkahnya yang umumnya dapat menarik perhatian, mulai dari tampilan outfit produk desainer berharga ribuan dollar from head to toe, jargon khas “sesuatu, gaya bicara manja tampak dibuat-buat, hingga tatanan rambut yang diberi nama unik-unik.

Faktanya di balik popularitas dan tampilan glamour sang diva tentu ada otak kreatif marketing yang merancang hal ini. Agar si penyanyi selalu laku dan tak pernah sepi job sensasi sedemikian rupa harus dirancang dan dikelola dengan cerdas. Di zaman sekarang ini, dimana kompetisi dalam bisnis hiburan sudah demikian tinggi, hanya  mengandalkan suara saja orang tak akan penasaran lagi dengan penampilannya. Akibatnya si penyanyi akan kian jarang terlihat.

Tak hanya pujian dan support, celaan dan bully-an juga merupakan bagian dari metode marketing dalam showbiz. Pemberitaan dapat membantu branding sang Artis dan walaupun beresiko ini adalah cara “berjualan” yang cerdas. Tentu saja sensasi juga harus dikelola dengan hati-hati agar alat pencitraan ini tidak malah jadi senjata makan tuan yang menghancurkan karier sang selebritis.

Kehidupan Syahrini yang seolah mulus, dengan berbagai barang-barang branded yang mungkin hanya dapat dilihat di televisi oleh sebagian besar wanita, mengingatkan mereka akan dongeng putri di masa kecil. Fantasi yang dibawakan oleh sang Diva tanpa disadari menjadi candu, baik bagi para fans yang memujanya atau para pembenci yang rajin mencibirnya, walaupun dengan agak enggan kerap mengintip akun media sosialnya untuk  mengetahui aktivitas terkini sang Artis.

Di luar negeri Miley Cyrus adalah salah satu contoh pengelolaan strategi marketing dengan sensasi yang sukses. Citra yang ditampilkannya selama ini sebagai artis cilik yang manis dan imut seharusnya sudah lenyap seiring pertambahan usia, jadilah anak manis ini bertemamorfosis menjadi penyanyi sensual yang liar. Gaya seksi di panggung ditambah pakaian minim adalah momentum yang memberitahu masyarakat bahwa pangsa pasar musiknya telah beralih. Sensasi adalah strategi yang lebih efisien dan hemat waktu dibandingkan model promosi “wajar” yang kuno.

Lalu apakah kepribadian sang penyanyi memang sungguh-sungguh demikian? Belum tentu juga, Syahrini mungkin berbicara dengan gaya biasa saja di rumah, saat tak ada kamera yang menyorotnya. Mungkin dia juga lebih suka mengenakan pakaian ”biasa” saat bersantai sendirian. Demikian pula Miley, setelah karyanya sudah mendapat tempat di kalangan para penyanyi wanita dewasa, sensasi itu berhenti. Dia kembali menjadi wanita yang normal dan lebih berfokus untuk menampilkan bakatnya di music.

Selain Miley, model marketing sensasi demikian ini juga digunakan oleh Lady Gaga. Sayangnya kurang sukses. Akibat rumor yang disebarkan terkait dirinya sebagai anti Kristus, sang Penyanyi berbakat ini tak dapat turut mencicipi royalty yang gurih dari album-album rohani dan natal yang diputar setiap tahun oleh berbagai media.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation

Comment here