Marketing

Strategi Marketing Jual Murah

Strategi-Marketing-Jual-Murah
Strategi-Marketing-Jual-Murah

Saat seorang pengusaha menggelar dagangannya baik di lapak offline atau pun online, tentu saja orang tidak secara langsung ingin membeli walaupun harga yang ditawarkan murah. Harus dipahami bahwa bandrol harga murah bukanlah hal yang mutlak dalam kesuksesan bisnis, melainkan strategi marketing  yang tepat.

Konsumen melihat harga murah atau mahal secara relative karena dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari gender, tingkat pendidikan, status social, penghasilan, dan seterusnya. Jual murah memang dapat digunakan sebagai salah satu trik meraup omzet, namun harus disadari bahwa agar bisnis dapat berkembang dengan baik  adalah mampu menetapkan harga yang tepat.

Menerapkan stragegi marketing yang tepat untuk produk murah

Pada prinsipnya konsumen ingin selalu mendapat nilai lebih dari setiap rupiah yang mereka belanjakan. Saat krisis ekonomi terjadi, produk murah akan semakin diinginkan karena daya beli masyarakat menurun. Tapi menyediakan produk  dengan harga yang paling murah juga memerlukan promosi yang benar agar konsumen bersedia membeli. Bila pengusaha berniat untuk “bermain” pada produk dengan harga murah, ketahuilah beberapa poin penting berikut ini.

Segmentasi

Sebelum mulai memasarkan produk, ketahui tentang segmentasi konsumen sebagai fungsi dasar promosi. Contohnya, semurah apa pun ponsel iPhone X yang dijual tentu tak akan laku bila ditawarkan kepada petani, pekerja pada pabrik skala rumahan, atau ibu rumah tangga bersuami petugas kebersihan. Karena itu pengusaha seharusnya cermat dalam memilih produk yang memang konsumennya mempunyai daya beli lemah.

Market yang luas

Tentu saja jumlah masyarakat yang berada pada level menengah bawah  lebih luas dibandingkan tingkat atas. Karena itu pebisnis juga harus memilih produk yang diminati oleh pasar yang luas. Contohnya, produk makanan Jepang  yang pasarnya tidak luas, tetap akan sepi pembeli walaupun harganya dibandrol murah.

Control produksi

Untuk menyediakan harga murah dan mempublikasikan hal ini sebagai trik marketing  produk, pengusaha harus mempunyai control penuh pada produksi demi mengendalikan biaya. Contohnya dalam berbisnis kuliner mie pangsit ayam, proses pembuatan material inti, yaitu produksi pangsit dan mie harus dilakukan sendiri. Bila dikerjakan oleh pihak lain, pengusaha tidak akan dapat berbuat banyak bila pihak yang bersangkutan meningkatkan harga. Mengurus semuanya sendiri juga bermanfaat untuk menekan biaya produksi.

Fungsi produk

Konsumen yang cerdas serta awas pada bandrol harga akan lebih focus pada fungsi suatu produk dibandingkan nilai yang lain, misalnya tampilan. Contohnya kemasan yang terlalu cantik untuk sebuah prooduk kue basah biasa bisa berpengaruh pada harga. Pada produk-produk tertentu tampilan yang terlalu indah bisa menimbulkan persepsi negatif kepada konsumen, yaitu mengira harganya pasti mahal. Padahal belum tentu demikian. Seorang pebisnis seharusnya peka akan hal-hal demikian ini dalam metode marketing yang diterapkannya.

Repeat order yang tinggi

Bila strategi marketing yang Anda tetapkan adalah menjual dengan harga murah, tentu harapannya adalah mendapatkan profit dari jumlah penjualan yang tingggi. Inilah sebabnya pengusaha harus menemukan produk dengan repeat order yang tinggi dan sebaliknya dalam waktu singkat. Beberapa produk dengan kategori dimaksud adalah makanan, bahan pokok, keperluan rumah tangga, bahan bakar, dan sebagainya.

Mengurangi biaya dengan memangkas rantai distribusi

Biaya bisa timbul karena intermediasi atau perantaraan yang terlalu panjang. Bila memungkinkan pengusaha dapat memperoleh produk dari tangan pertama atau secara langsung dari produsen. Distribusi pada penjualan berskala ritel seharusnya dapat dilakukan sendiri tanpa perantara agen.

Branding

Dalam stragegi marketing harga murah pengusaha dapat melakukan branding dengan mengidentikkan kata murah pada merk yang hendak dipopulerkan. Dengan begitu konsumen sudah tahu apa yang akan mereka peroleh dengan memilih produk tersebut, terlepas dari kualitas, kenyamanan saat membeli, dan fitur-fitur lain yang umumnya melekat pada produk dengan harga mahal.

 

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comments (1)

  1. […] Strategi Marketing Jual Murah July 2, 2019 […]

Comment here