Bisnis

Strategi Marketing Media Social

Strategi-Marketing-Media-Social
Strategi-Marketing-Media-Social

Salah satu unsur penting untuk membuat bisnis semakin maju dan berkembang adalah dapat memilih strategi marketing  yang tepat sesuai perkembangan zaman. Di era internet sebagaimana saat ini, dimana hampir semua orang sudah menjadikan internet sebagai kebutuhan hidup sudah selayaknya bisnis Anda pun go online. Artinya adalah melibatkan teknologi canggih ini sebagai metode pemasaran, selain metode lain yang lebih konvensional. Contohnya adalah marketing lewat media social sebagaimana yang akan diulas berikut ini.

Mengenal strategi marketing lewat media social

Secara awam definisi dari media social marketing adalah suatu upaya branding dan pemasaran yang dilakukan dengan bantuan internet melalui sarana platform media social atau website resmi perusahaan. Untuk memperkenalkan bisnis atau produk yang baru beberapa media social yang umum digunakan adalah Instagram dan Facebook.

Yang dapat dipasarkan dengan bantuan social media tidak hanya produk fisik, tapi bisa juga produk digital seperti aplikasi, perangkat lunak, ebook, dan lain-lain. Selain itu social media juga dapat menjadi sarana marketing yang baik sekali untuk berbagai layanan jasa. Ada banyak pilihan konten untuk mempopulerkan suatu produk atau jasa, mulai dari foto, video, serta artikel yang relevan dengan produk dimaksud.

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, strategi marketing social media juga sangat ampuh untuk memperkenalkan serta mempopulerkan sebuah brand atau merek sehingga terbentuk brand awareness di kalangan target pasar yang dibidik. Strategi untuk mempopulerkan suatu merek biasanya dilakukan dengan memberikan kesan atau citra yang positif kepada masyarakat sehingga kepercayaan mereka meningkat. Hal ini akan meningkatkan minat untuk mencoba dan berikutnya menjadi konsumen yang loyal.

Menjalankan strategi marketing media sosial

Dalam model marketing secara online yang penting untuk dilakukan adalah menentukan target pasar sehingga promosi yang dilakukan lebih efektif. Pebisnis harus tahu konsumen yang seperti apa yang menginginkan produknya, mulai dari kisaran usia, pendapatan, gender, status social, serta tingkat pendidikan. Dengan begitu peluang terjadinya penjualan akan lebih besar. Contohnya konsumen yang cocok untuk produk skincare pemutih premium umumnya adalah wanita, berusia mulai 17 tahun hingga 60 tahun, dan berpenghasilan besar.

Pebisnis juga harus mempunyai kesabaran yang besar saat menjalankan strategi marketing ini terutama untuk tujuan branding atau menanamkan citra positif akan suatu merk dalam benak masyarakat. Tak sedikit orang yang menyerah pada tahapan ini karena tak selalu menghasilkan penjualan yang besar. Untuk mencoba produk yang baru dirilis orang tentunya harus mendapat keyakinan dahulu dan ini mustahil dilakukan dalam 1-2 hari. Anda harus melakukan promosi secara konsisten dengan konten-konten yang menarik.

Tak ada salahnya menggunakan beberapa platform pada strategi marketing yang satu ini karena setiap orang yang menjadi target pasar Anda mempunyai karakter yang berbeda-beda. Mungkin ada yang lebih suka mempelajari produk baru tersebut melalui gambar, video tutorial, atau artikel, tapi ada pula konsumen yang tertarik akan suatu produk dengan tipe pemasaran hard selling.

Melibatkan influencer atau selebritis social media juga dapat menjadi strategi pemasaran online yang baik. Syaratnya adalah  memilih influencer yang citra diri dan karakternya relevan dengan produk yang dipromosikan. Contohnya untuk memasarkan produk jilbab, pebisnis tentunya harus bermitra dengan selebram yang berjilbab dalam kesehariannya.

Slogan pembeli adalah raja berlaku baik dalam strategi marketing bisnis offline atau pun online. Caranya adalah dengan menyediakan pelayanan sebaik mungkin dan memuaskan konsumen. Respon dalam waktu singkat akan sangat dihargai karena konsumen merasa diperhatikan dan pebisnis harus mengupayakan untuk menciptakan interaksi sebaik mungkin dengan pelanggan.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Daftar-Bisnis-Yang-Viral-Saat-Ini
  • Menanamkan-Motivation-Untuk-Meraih-Kesuksesan
  • Pegal-dan-Nyeri-Setelah-Fitness,-Wajar-Atau-Tidak
  • Bolehkan-Olahraga-Saat-Sakit

Comment here