Berita

Tahun Ajaran Baru di Kota Padang, Inilah Agenda Kegiatan Sekolah di Tengah Pandemi

Senin 13 Juli 2020 hari ini menjadi awal mula seluruh sekolah yang terdapat di Kota Padang, Sumatera Barat memasuki tahun ajaran baru dimana siswanya diminta untuk datang ke sekolah setelah lama libur dan melakukan sistem belajar di rumah akibat penyebaran virus Covid-19. Dinas Pendidikan Kota Padang sebelumnya sudah melakukan pengaturan untuk agenda pertemuan di dalam surat edaran nomor 421.1 pada seluruh kepala sekolah PAUD/TK, SD dan juga SMP pada tanggal 16 Juni 2020 silam.

Tahun Ajaran Baru di Kota Padang
Tahun Ajaran Baru di Kota Padang

Agenda Kegiatan Tahun Ajaran Baru di Kota Padang di Tengah Pandemi Corona Sesuai Surat Edaran Resmi

Surat edaran tersebut telah ditandatangani langsung oleh Habibul Fuadi sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang. Di dalam surat itu telah menyebutkan bahwa untuk menghadapi tahun ajaran baru 2020/2021 ini, semua jajaran di bidang pendidikan khususnya yang terdapat di wilayah Dinas Pendidikan Kota Padang perlu bersiap dan berbenah guna menghadapinya namun tetap mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah untuk masa pandemi virus Covid-19 ini. Tahun ajaran baru yang ini memang berbeda dari sebelumnya.

Namun setiap kali tahun ajaran ini muncul, pastilah kegiatan yang tidak pernah lepas itu mencakup PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru sekaligus juga pembagian lokal untuk siswa siswi yang naik kelas. Di dalam surat itu disebutkan jika di dalam kegiatan ini, sekolah bisa memberikan banyak sekali informasi pada seluruh murid yang wajib untuk didamping orang tuanya dalam mengimplementasikan isi Keputusan Bersama dari 4 Menteri dan juga Perwako nomor 49 tahun 2020.

Inilah langkah yang harus dilakukan antara lain:

  • Sekolah harus membuat Tim Satgas untuk menangani Covid-19 yang terdiri dari 7 anggota dimana 1 orang akan menjadi penanggung jawab sementara 1 orang lainnya adalah koordinator, 2 orang menjadi seksi sarana atau perlengkapan sementara 2 orang lainnya akan menjadi seksi evaluasi atau monitoring dan kesehatan.
  • Memberikan laporan tentang kegiatan yang dilakukan di sekolah pada Dinas Pendidikan dan juga pemegang saham yang terkait
  • Adanya undangan yang diberikan untuk orang tua murid baru maupun orang tua murid yang naik kelas
  • Pengaturan schedule untuk para undangan dan dibagi dalam beberapa sesi meeting sehingga tidak ada penumpukkan sama sekali. Di dalam surat itu sudah diberikan rincian pengaturan pertemuan menjadi dua sesi dimana untuk PAUD atau TK serta SD, pertemuan dilakukan pada Senin 13 Juli sampai Kamis 16 Juli mulai pukul 08.00 sampai 10.00 WIB dan juga 10.30 sampai 12.30 WIB. Sementara untuk SMP akan terbagi menjadi tiga sesi pada pukul 14.00 sampai 16.00 WIB.
  • Semua tamu atau undangan yang hadir wajib untuk mengenakan masker
  • Menyiapkan tempat untuk cuci tangan lengkap dengan sabun dan juga hand sanitizer yang diletakkan pada pintu gerbang dan juga satu lagi di lokasi pertemuannya
  • Toilet yang bersih wajib disiapkan dengan baik
  • Disiapkan pula thermogun atau pengukur suhu badan
  • Seluruh undangan yang hadir di dalam pertemuan ini wajib menjaga jarak minimal 1,5 meter
  • Memasang spanduk atau baliho berisi pengumuman untuk wajib mengenakan masker, kemudian cuci tangan dan social distancing bagi tamu yang hadir dan untuk panitia maupun guru wajib mengenakan face shield atau pelindung wajah
  • Diharapkan menyampaikan materi langsung ke inti tanpa berbelit-belit sehingga waktu pertemuan dapat dipersingkat antara lain:
    1. Pengenalan siswa pada bagian sekolah mulai dari Kepala Sekolah, Guru atau Wali Kelas dan guru pelajaran atau pegawainya
    2. Pembentukan parenting atau paguyuban kelas sekaligus mencatat data orang tua seperti alamat dan nomor ponsel
    3. Penyampaian model pelaksanaan pembelajaran dan evaluasinya yang dilakukan
    4. Siswa harus mengenakan seragam yang telah ditentukan oleh pihak sekolah ketika sesi belajar daring atau online berlangsung
    5. Penyampaian aturan sekaligus tata tertib yang wajib diikuti oleh murid
    6. Persiapan pembagian buku pelajaran yang dipinjamkan atau diberikan pada siswa dari perpustakaan.

Inilah isi dari surat edaran pemerintah Kota Padang dalam menyambut tahun ajaran baru yang berlangsung mulai hari ini di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Gerakan 3T dan Obat Sakit Maag Alami sebagai Upaya Mencegah Maag
  • Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit
  • Obat Sakit Maag Terbaik dan Mengapa Maag Tak Boleh Diremehkan
  • Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan dan Aktifitas Sehari-hari

Comment here