Berita

Tak Lama Lagi Kamera Ponsel Pintar Dapat Mendeteksi Diabetes

Bukan hanya teknologi digital maupun komunikasi saja yang berkembang sebab dunia medis juga tak ingin ketinggalan untuk menunjukkan inovasi yang dikembangkan demi membantu seluruh masyarakat. Salah satunya adalah dengan membuat kamera ponsel pintar yang bukan hanya bisa memotret melainkan juga untuk mendeteksi diabetes. Peneliti dari UCSF atau University of California di San Francisco berhasil untuk mengembangkan digital biomarker.

Tak Lama Lagi Kamera Ponsel Pintar Dapat Mendeteksi Diabetes
Tak Lama Lagi Kamera Ponsel Pintar Dapat Mendeteksi Diabetes

Deteksi Diabetes Sejak Dini Menggunakan Kamera Ponsel Pintar

Seperti yang dilansir oleh Teknologi.id hari ini tanggal 08 Oktober 2020, diabetes menempati salah satu posisi yang paling atas sebagai penyakit yang menyebabkan kematian dan juga ada kaitannya sangat erat dengan berbagai macam penyakit berat lain yang memicu kematian seperti stroker, kebutaan, gagal ginjal, jantung koroner dan penyakit yang menyerang jaringan organ yang lainnya. Pengembangan dari biomarker ini semuanya atas dasar dugaan jika kamera ponsel pintar dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi kerusakan pembuluh darah karena diabetes.

Caranya adalah dengan mengukur sinyal atau yang dikenal dengan PPG yang merupakan singkatan dari photoplethysmography yang pada umumnya dapat dilakukan oleh perangkat yang lainnya seperti jam pintar atau smartwatch maupun fitness tracker atau pengukur kebugaran. Para peneliti dari universitas California yang semuanya terlibat dalam proses pengembangan ini menggunakan flashlight atau cahaya kilat dan juga kamera ponselnya untuk dapat mengukur PPG dengan cara menangkap adanya perubahan warna di ujung jari yang muncul sesuai dengan detak jantung.

Bahkan diakui jika tingkat akurasi dari kamera ponsel untuk melakukan hal ini adalah sekitar 80%. Nature Medicine mempublikasikan sebuah studi dimana peneliti dari UCSF mendapatkan kurang lebih sekitar 3 juta rekaman PPG yang diambil dari sekitr 53.870 pasien di Health eHeart Study dengan menggunakan platform aplikasi Azumio Instant Heart Rate untuk ponsel iPhone dan sebelumnya sudah didiagnosis diabetes oleh para tenaga medis. Data ini digunakan untuk dapat membuktikan sekaligus mengembangkan algoritma deep-learning untuk mendeteksi diebetes dengan sinyal PPG di dalam ponsel pintar.

Hasilnya adalah algoritma itu benar-benar bisa mendeteksi adanya diabetes sampai dengan 82% dari seluruh pasien dan juga tidak adanya diabetes untuk sekitar 92 sampai dengan 97% pasien yang ada dan hanya dengan menggunakan kamera ponsel pintar itu.

 

 

 

 

 

Sorry! The Author has not filled his profile.
×
Sorry! The Author has not filled his profile.
Latest Posts
  • CAR BRI Meningkat, BRI Coba Perkuat Cadangan
  • Gubernur Sumbar Kirim Surat Resmi Tolak UU Cipta Kerja Pada DPR RI
  • Tak Lama Lagi Kamera Ponsel Pintar Dapat Mendeteksi Diabetes
  • Para Seniman di Padang Ekspresikan Kegelisahan Pandemi Covid-19 Melalui Mural

Comment here