Info

Ternyata Flu dan Pilek Itu Beda, Jangan Tertukar!

Seringkali kita menyamakan flu dan pilek. Hal ini disebabkan karena gejala-gejala yang timbul hampir sama. Padahal flu dan pilek itu berbeda. Paling kontras perbedaannya dari virus yang menyebabkan dua penyakit itu menyerang. Kalau flu disebabkan oleh beberapa jenis virus yang menyerang tubuh kita. Anda bisa mengatasinya dengan minum obat flu paling ampuh. Sedangkan pilek disebabkan oleh satu virus saja. Istirahat yang cukup membantu menyembuhkannya.

Ternyata Flu dan Pilek Itu Beda, Jangan Tertukar
Ternyata Flu dan Pilek Itu Beda, Jangan Tertukar

Cara Membedakan Flu dan Pilek

Orang-orang seringkali bingung bagaimana cara membedakan flu dan pilek. Karena dua penyakit ini mempunyai gejala yang mirip seperti radang tenggorokan, hidung mampet, dan bersin-bersin. Kalau gejala seperti ini Anda menganggapnya sebagai gejala flu, itu salah. Apakah Anda bingung? Tenang saja, kebingungan Anda akan dijawab dalam ulasan di bawah ini.

Flu

Influenza atau lebih dikenal dengan istilah flu disebabkan oleh tiga jenis virus, diantaranya influenza A, influenza B, dan influenza C. Akan tetapi, virus yang sering menyerang tubuh Anda itu influenza A dan B.

Mengapa demikian? Karena flu menyerang sistem kekebalan tubuh Anda bergantung musim. Artinya akan terjangkit flu kalau cuacanya sedang tidak karuan. Dalam cuaca tertentu, Anda harus mempunyai stock obat flu paling ampuh untuk mengobatinya.

Flu dapat ditularkan melalui butiran air dari penderitanya melalui sarana umum. Misalnya, Anda terkena flu lalu Anda bersin dan batuk-batuk hingga butiran cairan yang keluar dari mulut Anda hinggap di gagang pintu. Kemudian orang lain juga ikut menyentuhnya, lalu tangannya memegang mulut atau matanya.

Kemungkinan orang itu akan tertular dan mulai merasakan gejala-gejala flu. Anda harus waspada kalau terjangkit flu, karena bisa menjadi gejala penyakit yang serius, pneumonia salah satunya.

Pilek

Pilek merupakan infeksi saluran pernafasan bagian atas yang disebabkan oleh virus. Dari berbagai macam jenis virus, rhinovirus menjadi yang paling populer dalam menularkan pilek. Virus tersebut yang menyebabkan bersin-bersin dan itu menjadi gejala utama seseorang terkena pilek.

Siapapun dan dalam kondisi apapun seseorang akan terkena pilek. Semua orang akan merasakannya dua kali dalam sepanjang tahun. Gejala pilek akan mudah terdeteksi saat musim dingin atau musim hujan tiba. Karena virus pilek akan mudah berkembang dalam suhu yang rendah atau cuaca yang kering.

Pilek sangat rentan terjadi pada anak-anak. Apalagi penularannya sangat mudah. Cara penularan pilek sama persis seperti flu. Daya tahan tubuh anak yang belum kuat menjadi salah satu penyebabnya. Tapi jangan khawatir, Anda sebagai orang tua bisa memberikannya obat pilek untuk anak.

Itulah perbedaan antara flu dan pilek. Apakah Anda sudah tidak kebingungan lagi bagaimana cara membedakannya? Kalau Anda sudah tahu perbedaannya, maka Anda akan dengan mudah membeli obat yang cocok untuk mengatasinya. Kalau Anda sedang flu bisa minum obat flu paling ampuh. Sedangkan kalau pilek Anda bisa minum obat pilek yang cocok bagi tubuh Anda

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Masyarakat Sumbar Diajak Gubernur Untuk Dukung Konversi Bank Nagari Menjadi Bank Umum Syariah
  • Diet Mayo Clinic sebagai Obat Sakit Maag Alami
  • Budget Hotel untuk Wisata Keluarga di Bandar Lampung
  • Makanan Obat Sakit Maag dan Yang Harus Dihindari

Comment here