Bisnis

Tips Membangun Website Yang Bagus untuk UMKM: Bagian 1

website-yang-bagus-untuk-UMKM-1
website-yang-bagus-untuk-UMKM-1

Anda tentu setuju bahwa website adalah salah satu media promosi yang terbaik untuk bisnis saat ini. Sekecil apapun bisnis anda, website akan membuat anda ‘terlihat’ oleh dunia. Teknologi internet yang tidak mengenal batal wilayah dan zona waktu memberi banyak peluang untuk usaha mikro, kecil, dan menengah. Oleh sebab itu, anda membutuhkan website yang bagus buat UMKM.

Apakah anda seorang fotografer paruh-waktu (freelance)?

Atau, anda menjual perangkat keras secara online?

Apapun jenis usaha kecil yang anda jalankan, website akan sangat membantu untuk kesuksesan anda. Tidak perlu membayar tenaga IT hingga jutaan rupiah untuk membangun sebuah website yang bagus. Dengan autodidak, anda bisa mengembangkan website usaha sendiri. Tentu saja, butuh waktu dan tenaga untuk membangun website yang bagus untuk UMKM. Beberapa tips dari Allison Bowlus di Forbes berikut ini mungkin dapat membantu anda:

Cara Membangun Website Bagus untuk UMKM: Memilih Nama Domain

Nama domain, atau yang disebut sebagai alamat website, biasanya menjadi titik masuk yang sangat penting untuk situs anda. Jadi, pastikan anda memberikan kesan yang baik melalui nama domain yang dipilih, bukan hanya untuk pengunjung namun juga untuk Search Engine Optimization (SEO). Nama domain yang bagus bukanlah nama yang keren, istilah-istilah kekinian, atau nama yang panjang, melainkan nama domain yang mewakili usaha anda. Berikut adalah beberapa tips memilih nama domain untuk website bisnis anda:

  • Pilih nama domain yang mudah dieja. Sekali lagi, jangan menggunakan istilah slang atau kata-kata yang tak lazim. Pilihlah nama domain yang mengandung makna. Dengan demikian, pengguna dapat menebak bisnis anda melalui alamat website.
  • Semakin pendek, semakin baik, karena pengunjung lebih mudah mengingatnya. Kemungkinan salah ketik juga lebih kecil. Perlu diingat bahwa ada ribuan website di internet. Jadi, pilihlah nama domain yang menarik namun mudah diingat.
  • Gunakan ekstensi yang benar dan populer. Misalnya, ekstensi .com lebih umum daripada .net, .co, atau .me. selain itu, pertimbangkan juga aturan penggunaan ekstensi baku, seperti .gov untuk lembaga pemerintahan, .edu untuk institusi pendidikan, atau .org untuk organisasi. Namun, karena website anda adalah website bisnis, tentu anda tidak membutuhkan ekstensi baku tersebut.
  • Hindari penggunaan angka dan tanda penghubung. Sebaiknya, cukup gunakan huruf saja. Angka dan tanda penghubung lebih susah diingat dan rentan salah ketik dan salah ucap.
  • Pilih alamat website yang bermakna lebih luas. Hal ini penting untuk memberi ruang yang lebih saat usaha anda tumbuh kelak. Sebagai contoh, Pasbaronline.com bermakna lebih luas daripada Wisatapasbar.com (karena hanya membahas pariwisata saja). Dengan Pasbaronline.com, sebagai contoh, anda bebas membahas apa saja, seperti bisnis, pariwisata, kuliner, olah raga, atau topik lainnya yang mungkin relevan dengan bisnis yang sedang dibangun.
  • Lakukan pencarian nama domain. Misalnya, jika hasil pencarian di browser Google sudah ada nama domain Pasbaronline.com, hindari nama domain yang mirip. Kenapa? Anda akan terkesan meniru domain yang sudah ada, apalagi jika alamat website yang anda pilih mirip dengan alamat website perusahaan besar yang sejenis dengan usaha anda.
  • Pastikan kalau harganya cocok dan layak. Perlu diingat bahwa nama-nama yang bagus umumnya sudah dibeli orang lain. Mungkin, anda harus membelinya kembali dari pemiliknya. Yang pasti, nama domain yang bagus akan setara dengan harganya.
  • Gunakan URL yang ramah untuk SEO. Suatu saat, anda pasti akan membutuhkan SEO untuk optimasi web. Jadi, pilihlah alamat website yang ramah untuk SEO, seperti penggunaan kata kunci (keyword) dan geo-location. Misalnya, Pasbaronline.com adalah nama web yang mengandung unsur geo-location. Pasbar hanya ada satu di dunia, bukan?

Nah, beberapa tips di atas barulah awal dari langkah-langkah yang harus anda tempuh untuk membangun website bagus untuk UMKM. Nantikan tips selanjutnya pada post berikutnya ya….

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation
  • 6 Teknik Menjalankan Bisnis Properti Menguntungkan Untuk Pemula

Comments (1)

  1. […] artikel sebelumnya membahas cara membangun website yang bagus untuk UMKM. Artikel pertama berfokus pada cara memilih nama domain, sedangkan artikel kedua membahas cara memilih hosting yang […]

Comment here