Bisnis

Tips Membangun Website Yang Bagus untuk UMKM: Bagian 2

website-yang-bagus-untuk-UMKM-2
website-yang-bagus-untuk-UMKM-2

Pada artikel sebelumnya tentang cara membangun website yang bagus untuk UMKM, telah dibahas beberapa tips untuk memilih domain yang cocok untuk bisnis anda. Tentunya, memilih domain alias alamat website hanyalah tahap awalnya. Masih ada beberapa tahapan berikut yang perlu anda lakukan dalam rangka membangun website yang profesional. Nah, tahap berikutnya adalah memilih hosting yang sesuai.

Membangun Website Yang Bagus untuk UMKM: Mengapa Hosting Penting?

Tahapan kedua ini tidak kalah pentingnya. Website host atau yang lazim dikenal sebagai penyedia hosting untuk website adalah sebuah perusahaan atau jasa yang menyediakan teknologi dan pelayanan yang dibutuhkan oleh sebuah website, sehingga website tersebut terlihat atau ‘tampil’ di internet.

Dengan kata lain, anda menghubungkan nama domain dengan penyedia hosting. Kemudian, saat pengguna internet mengunjungi alamat website anda, maka mereka akan melihat website yang anda simpan di akun hosting. Biaya kerjasama antara anda sebagai pemilik website dengan perusahaan hosting bisa bervariasi. Dalam dollar, biayanya berkisar antara $2 hingga $100 lebih per bulan. Tentunya, biaya ini tergantung pada jenis teknologi dan dukungan layanan yang  anda pilih.

Selain itu, biaya hosting dapat dipengaruhi oleh durasi kerjasama. Biasanya, kerjasama bulanan cenderung lebih mahal dibanding kerjasama tahunan. Namun, biaya yang murah tidak selamanya jadi patokan. Layanan hosting sangat menentukan keberlanjutan website anda. Oleh sebab itu, pastikan anda memilih jasa hosting yang sesuai.

6 Tips Jitu Memilih Jasa Hosting untuk Membangun Website Yang Bagus untuk UMKM

Memilih jasa hosting yang tepat adalah salah satu kunci sukses membangun website yang bagus untuk UMKM. Beberapa tips berikut mungkin bermanfaat bagi anda:

Hindari Layanan Hosting “Shared Server”

Dalam hal ini, penyedia hosting menyediakan satu server yang digunakan bersama dengan pemilik website lain. Memang, biaya hosting ini lebih murah (mulai dari $2 per bulan). Namun, karena anda berbagi server berikut sumber dayanya dengan konsumen lain, bisa saja kinerja website anda tidak optimal.

Bayangkan jika anda tinggal di satu apartemen yang padat. Suara bising dan hiruk-pikuk yang ditimbulkan oleh tetangga dapat mempengaruhi ‘mood’ anda, bukan? Demikian juga dengan server bersama ini. Ketika salah satu website di server yang sama diretas oleh hackers, website anda juga akan terpengaruh.

Pertimbangkan Layanan Hosting “Dedicated Server”

Ini adalah solusi untuk dari layanan hosting dengan server bersama. Hosting dengan dedicated server memang merupakan pilihan paling mahal. Biayanya bisa mencapai $100 hingga $2.000 per bulan. Namun, performa website anda bisa berjalan paling optimal, karena:

  • Hanya anda yang ada di server tersebut (tidak ada ‘tetangga’)
  • Mesin server tersebut hanya diperuntukkan untuk website anda
  • Semua sumber daya yang ada di dalam server juga dipergunakan untuk anda.
  • Layanan hosting ini jauh lebih aman.

Namun sekali lagi, semuanya tergantung teknologi yang mendukungnya. Selain itu, biaya kerjasama hosting dengan dedicated server ini terkadang terlalu mahal untuk UMKM. Memang, manfaatnya akan sangat terasa begitu bisnis anda berkembang, namun biaya awalnya kerap membebani usaha kecil dan menengah.

Pilihlah Layanan Hosting dengan “Virtual Private Server (VPS)

Nah, untuk UMKM, salah satu layanan hosting yang direkomendasikan adalah “Virtual Private Server (VPS)”. Biayanya lebih murah, yakni sekitar $20 hingga $50 per bulan. Tentunya harga ini masih relatif terjangkau bagi pemilik usaha kecil. VPS adalah sebuah mesin yang diposisikan untuk berperan ganda. Biayanya hampir setara dengan layanan hosting dengan server bersama. Namun, keamanan dan potensi kinerjanya hampir setara dengan layanan hosting dengan dedicated server.

Pertimbangkan Layanan Konsumen

Untuk kenyamanan anda, pastikan penyedia jasa hosting yang anda pilih menyediakan layanan konsumen yang mudah, seperti telepon dan/atau chat melalui media sosial. Dukungan layanan via email saja biasanya terlalu lama, sehingga kerap menuai komplain dari konsumen, apalagi jika anda membutuhkan bantuan segera. Jadi, layanan telepon adalah pilihan pertama, diikuti dengan layanan chat.

Pilih Server Interface Yang Mudah Digunakan

Untuk mengakses server, anda membutuhkan server interface, yakni antarmuka (interface) yang menghubungkan anda dengan server. Pilihkan interface yang mudah dioperasikan seperti cPanel. Kontrol panel ini membantu dalam pengelolaan dan pengaturan domain, hosting, dan website. cPanel menyediakan tampilan grafis untuk membantu proses hosting sebuah website. Dengan server interface ini, anda bisa:

  • Melakukan setting website
  • Mengelola email
  • Mengatur pengelolaan domain, seperti membuat sub-domain
  • Mengatur file dalam website
  • Mengelola database dalam website, dan sebagainya
Periksa Pengaman Server yang Digunakan

Satu hal lagi yang harus anda pastikan sebelum memilih jasa hosting adalah jenis sistem keamanan server yang digunakan. Pastikan apakah penyedia hosting menyediakan hal-hal berikut:

  • Akses via Secure File Transfer Protocol (SFTP)
  • Sistem backup harian terhadap isi server
  • Metode yang mudah untuk memasang Secure Sockets Layer (SSL)
  • Panduan yang bisa anda tinjau sebelum menandatangani kerjasama. Idealnya, penyedia hosting mempublikasikan panduan (protokol) ini di website mereka.

Nah terakhir, barulah anda mempertimbangkan biaya. Bisa saja dua atau lebih penyedia hosting yang berbeda menawarkan harga yang berbeda untuk layanan yang sama. Namun, anda juga harus hati-hati jika harga yang ditawarkan terlalu rendah. Bisa saja, penyedia tersebut masih baru dan kredibilitasnya belum terbukti. Periksalah reputasi penyedia hosting melalui review, testimony, atau diskusi di forum online. Atau, jika memungkinkan, mintalah rekomendasi teman atau rekan kerja yang sudah pernah menggunakan jasa hosting.

Nantikan artikel berikutnya untuk tips lebih lanjut tentang cara membangun website yang bagus untuk UMKM….

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation
  • 6 Teknik Menjalankan Bisnis Properti Menguntungkan Untuk Pemula

Comment here