Bisnis

Tips Membangun Website Yang Bagus untuk UMKM: Bagian 3

Tips-Membangun-Website-Yang-Bagus-untuk-UMKM
Tips-Membangun-Website-Yang-Bagus-untuk-UMKM

Dua artikel sebelumnya membahas cara membangun website yang bagus untuk UMKM. Artikel pertama berfokus pada cara memilih nama domain, sedangkan artikel kedua membahas cara memilih hosting yang baik untuk usaha anda. Nah, pada artikel kali ini, fokus pembahasan adalah cara mengelola website bisnis anda, mulai dari deskripsi usaha hingga Content Management System (CMS).

Tampilan Website Yang Bagus Untuk UMKM

Tampilan website yang profesional sangat penting untuk bisnis anda. Jadi, pastikan pengunjung tahu bisnis anda dan usaha yang anda jalankan, sekalipun bisnis anda masih kecil. Pastikan pengunjung tidak bingung. Berikan kesan positif bagi pengunjung di kali pertama mereka melihat website anda. Beberapa tips berikut mungkin bermanfaat:

  • Pastikan gambar halaman depan, atau dikenal dengan “hero image” dan gambar-gambar lainnya mewakili bisnis anda secara visual
  • Berikan kalimat pembuka yang menjelaskan seputar bisnis anda
  • Pastikan ada menu “About Us” yang bisa di-click, sehingga pengunjung bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang usaha anda.
  • Gunakan graphics yang cantik dan tulisan yang mudah dibaca
  • Pastikan graphics yang digunakan sudah dioptimisasi, sehingga tidak berat saat dibuka. Jika loading web terlalu lama, mesin pencari seperti Google bisa saja memberikan ‘sanksi’ atas peringkat web anda.
  • ‘Intip’ juga website para pesaing anda. Lihat bagaimana mereka merancang dan mengoptimasi website mereka. Gunakan komponen yang sama, tentunya yang cocok untuk website usaha kecil dan menengah.
  • Lakukan riset terhadap target konsumen anda, dan lihat apa yang mereka cari, sehingga anda bisa memenuhinya di website nada.
  • Tetaplah konsisten dengan brand usaha anda
  • Gunakan sistem navigasi intuitif. Sistem ini memungkinkan pengguna menemukan halaman yang sedang mereka cari
  • Tampilkan informasi contact yang mudah dihubungi
  • Pastikan halaman depan memuat informasi standar website yang bagus untuk UMKM, seperti Home, Produk/Jasa, Sitemap, About Us, Tim Manajemen, Contact Us, Privacy Policy, Syarat dan Ketentuan, dan halaman lain yang kira-kira relevan dengan bisnis anda.

Pada intinya, halaman depan website anda harus memberikan informasi yang jelas tentang usaha dan produk/jasa yang anda tawarkan. Dengan demikian, pengunjung tidak lagi bertanya-tanya.

Website Yang Bagus Untuk UMKM: 5 CMS Paling Populer

Content Management System (CMS) adalah suatu software atau aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengelola content digital. CMS yang baik diperlukan untuk memelihara website. Berita baiknya, anda tidak membutuhkan pengetahuan teknis yang terlalu mendalam untuk menggunakan CMS. Meski demikian, pastikan untuk memilih CMS yang dirancang sesuai kebutuhan anda. Sistem yang berbeda digunakan karena alasan yang berbeda, seperti mudah digunakan, bisa dikembangkan, atau karena alasan anggaran.

Berikut adalah beberapa software CMS yang populer, berikut kekuatan dan kelemahan masing-masingnya:

WordPress

Ini adalah CMS paling populer di dunia. WordPress memiliki komunitas pendukung yang sangat luas dan aktif. Selain itu, ada beberapa kelebihan WordPress yang pantas anda pertimbangkan untuk membangun website yang bagus untuk UMKM:

  • Tersedia banyak plugin untuk mengembangkan fungsi website anda
  • Gratis dan relatif mudah di-install
  • Sebagian besar pengembang website akrab dengan CMS ini; jadi, mudah menemukan orang atau jasa yang bisa membantu anda mengelola website dengan CMS WordPress;
  • Fleksibel dan mudah dikembangkan

Meski demikian, anda juga harus mempertimbangkan beberapa kelemahannya. Masalah utama WordPress adalah keamanan. Hackers paling mudah menerobosnya. Jadi, website yang menggunakan WordPress harus dipelihara secara reguler dan ditopang dengan pengamanan yang cukup, sehingga tidak mudah diretas.

Joomla!

CMS ini dikenal memiliki sejumlah kelebihan. Di antaranya: SEO lebih baik, lebih aman, dan bisa digunakan dalam beberapa bahasa. Namun, plugin yang tersedia jauh lebih sedikit dibanding WordPress.

Drupal

CMS ini memiliki beberapa kelebihan seperti WordPress, misalnya, fleksible, mudah digunakan, dan komunitas dukungannya lebih luas. Drupal juga relatif lebih aman dibanding WordPress. Namun, pilihan plugin dan tema-nya relatif lebih sedikit.

Wix

Wix menawarkan paket berlangganan bulanan. Ada tool yang bisa digunakan dengan sistem drag-n-drop. Jadi, anda bisa memindahkan satu elemen ke mana saja di halaman web. Wix memiliki banyak template yang bisa anda pilih. Namun, begitu anda memilih satu template, anda harus menggunakannya untuk seterusnya. Jika ingin ganti? Artinya anda harus membagun ulang website anda.

Squarespace

CMS ini menyediakan paket berlangganan bulanan atau tahunan. Fiturnya memiliki banyak kesamaan dengan Wix. Demikian juga dengan sistem kerja “drag-and-drop” yang ditawarkan. Pelayanan yang disediakan lebih luas, seperti desain website, pengembangan web, pemeliharaan, metrik, nama domain dengan kontrak tahunan, layanan 24 jam setiap hari, keamanan SSL, bandwith tidak terbatas. Semuanya disediakan dalam satu paket.

Squarespace sangat cocok untuk tim kreatif dan menyediakan template desain canggih. Lebih menarik lagi, jika anda membutuhkan website yang cantik namun sederhana, namun dengan anggaran terbatas, maka Squarespace adalah pilihannya. Meski demikian, jika anda tidak memiliki pengetahuan teknis tentang website, atau anda ingin membangun website dengan mudah dan cepat, Squarespace mungkin bukan pilihan yang tepat.

Nah, pada artikel berikutnya, akan dibahas beberapa pilihan platform untuk website usaha kecil menengah yang digunakan untuk menjual produk secara online. So, jangan sampai ketinggalan ya….

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here