Info

Tips Sederhana Menggunakan Disinfektan Pada Mobil Anda

New Normal sudah dimulai….

Dalam beberapa minggu ke depan, aktivitas perekonomian, sosial, wisata, dan lainnya akan dibuka kembali. Nah, kendaraan anda yang tadinya lebih banyak parkir di rumah tentunya akan digunakan kembali secara rutin untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari, baik ke kantor, ke tempat usaha, atau ke tempat wisata. Sesuai protokol kesehatan, anda harus memastikan kendaraan yang digunakan sehari-hari bebas dari kuman dan virus. Lalu, bagaimana cara menggunakan disinfektan pada mobil anda? Berikut pembahasannya.

Tips Sederhana Menggunakan Disinfektan Pada Mobil Anda
Tips Sederhana Menggunakan Disinfektan Pada Mobil Anda

Cara Aman Menggunakan Disinfektan pada Mobil

Jika anda menggunakan mobil untuk anggota keluarga lain, seperti mengantar anak sekolah, maka mobil anda harus diberi disinfektan secara teratur. Ada banyak komponen yang harus menjadi perhatian, seperti setir, wiper, touch screen, handel pintu, alat penyetel jok, kunci dan remot mobil, atau komponen lain yang sering disentuh dengan jari.  Berikut adalah beberapa tips menggunakan disinfektan pada mobil anda:

  • Jangan menggunakan tissu atau lap tangan. Anda bisa membeli kain microfiber khusus untuk membersihkan interior mobil. Kain ini dirancang khusus dengan material yang mampu menyerap debu dan partikel kotoran. Sebaliknya, tisu atau lap tangan dikhawatirkan justru menekan kotoran sehingga masuk ke permukaan plastik atau kulit.
  • Gunakan sabun pencuci piring dan air. Campurkan sabun pencuci piring dan air. Basahi kain lap microfiber dan lap permukaan yang ingin dibersihkan dengan pelan. Gosok pelan. Anda perlu menggosok permukaan yang dibersihkan karena virus corona biasanya dikelilingi tonjolan berbentuk tidak teratur yang bisa dihancurkan dengan cara digosong. Itulah sebabnya mengapa anda juga disarankan untuk tidak sekedar mencuci tangan dengan sabun, namun juga menggosok tangan anda dengan sabun di bawah air mengalir selama 20 detik.
  • Jangan menggunakan pemutih atau bahan yang mengancung hydrogen peroxide, karena dapat merusak pelapis jok.
  • Jangan menggunakan ammonia, karena dapat merusak permukaan pelindung di layar touch screen.
  • Jangan menggunakan terlalu banyak cairan saat membersihkan jok. Jika terlalu basah, maka cairan pembersih bisa meresap ke dalam lapisan karet di jok. Jika tidak dikeringkan dengan sempurna, bisa jadi muncul bau atau jamur. Anda tidak menginginkannya, bukan? Cukup gunakan cairan seperlunya di permukaan jok. Jangan menyiramnya.
  • Saat membersihkan permukaan berbahan kulit, gunakan tangan. Banyak bahan kulit yang sebelumnya diberi pewarna. Jika anda menggosoknya, maka warnanya bisa luntur. Berita baknya adalah bahwa sebagian besar bahan kulit (termasuk kulit palsu) sebelumnya telah diberi lapisan urethane yang dibuat khusus, sehingga bisa dibersihkan tanpa merusak warnanya.
  • Jangan lupa mencuci tangan setelah selesai menggunakan disinfektan pada mobil anda.

Bagaimana dan berapa lama virus bertahan di permukaan sebuah benda masih menjadi bahan perdebatan. Sebagian besar percaya bahwa penularan virus corona terjadi karena kontak dengan droplet yang bersumber dari saluran pernafasan orang yang terinfeksi virus. Jadi, tetaplah cuci tangan anda dengan sabun dan air setelah menggunakan disinfektan pada mobil. Jangan lua mencuci masker anda dan keringkan dengan sempurna sebelum digunakan kembali.

New Normal telah dimulai dan semua orang mungkin sudah lelah dengan segala hal yang berkaitan dengan pandemi ini. Aktivitas normal akan dimulai dalam waktu dekat. Tetaplah memperhatikan protokol kesehatan, sehingga anda dan keluarga dapat terhindar dari covid-19. Selamat memulai kembali aktivitas anda!

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Masak Ikan Vegan Lapis Nori Sambel Mangga
  • cara menguruskan badan dengan cepat
  • Diet yang Sehat pada Penderita PCOS
  • sholat idul adha

Comment here