Info

Tradisi Perayaan Tahun Baru Paling Unik di Dunia

Tradisi-Perayaan-Tahun-Baru-Paling-Unik-di-Dunia
Tradisi-Perayaan-Tahun-Baru-Paling-Unik-di-Dunia

Tahun baru merupakan perayaan spesial dimana kita meninggalkan tahun yang telah berlalu dan menyambut tahun yang penuh harapan baru. Di berbagai negara, hal ini dirayakan dengan berbagai tradisi unik yang berbeda dengan tradisi yang kita kenal (bergadang sampai jam 12 malam dan menonton kembang api, misalnya). Berikut adalah beberapa kebudayaan tahun baru unik luar negeri yang mungkin belum pernah Anda dengar, namun sangat mencerminkan keunikan tradisi lokal.

Beberapa kebudayaan tahun baru unik luar negeri yang ada

Makan Anggur di Malam Tahun Baru

Pernahkah Anda dan teman-teman menghitung mundur jam sebelum masuk pukul 12 malam, lalu bersorak selamat tahun baru setelahnya? Di Madrid, tepatnya di Puerta de Sol Plaza, tradisinya adalah berkumpul di sekitar jam besar yang berada di bangunan bernama Casa de Correos, lalu ketika waktu tinggal 10 detik menjelang pukul 12 malam, semua orang akan menghitung mundur sambil membawa anggur.

Ketika jam menunjukkan pukul 12 dan berdentang 12 kali, orang-orang akan memasukkan satu anggur ke mulut seiring tiap dentang jam. Tentu saja, orang harus mengunyah secepat-cepatnya agar ada di tempat di mulut untuk anggur-anggur berikutnya. Tradisi ini tak hanya dilakukan di Madrid, namun juga di beberapa area di Spanyol dan bahkan Meksiko.

Bakar Orang yang Dibenci

Jika Anda berangan-angan membakar tokoh publik yang Anda benci, misalnya politikus nakal dan koruptor, Anda bisa ke Ekuador. Di sini, ada tradisi membuat orang-orangan dari kertas, baju bekas, jerami dan macam-macam lagi yang diberi topeng mirip orang yang dibenci tersebut, lalu dibakar atau disulut dengan kembang api. Ada juga parade aneh para pria yang memakai pakaian wanita, lalu berkeliling di jalan dan menangis dengan gaya berlebihan sampai orang tertawa, dan orang-orang ini kemudian diberi uang.

Memecahkan Piring di Denmark

Jika anda melempar piring ke pintu rumah orang di tengah malam, orang akan memanggil polisi. Tetapi di Denmark, malam tahun baru merupakan malam bagi untuk keluar dan mendatangi rumah kerabat atau teman-teman mereka yang terdekat, lalu melempar piring ke pintu rumah mereka yang tertutup. Hal ini dianggap sebagai pertanda baik dan keberuntungan. Plus, semakin banyak pecahan piring di depan rumah, berarti semakin banyak teman orang tersebut.

Lingkaran Dimana-mana

Kebudayaan tahun baru unik luar negeri di Filipina semua melibatkan lingkaran, yang merupakan lambang kemakmuran (karena mirip uang koin) serta keutuhan. Jadi, pada malam tahun baru, semua orang memakai baju yang punya motif bentuk lingkaran serta menyiapkan hidangan dan kue di piring bundar atau makanan bentuk lingkaran. Saat jam berdentang 12 kali, satu keluarga biasanya juga akan keluar rumah dan berjalan mengelilingi rumah.

Suasana semakin meriah ketika orang membawa serenceng koin dan menggantung atau membunyikannyadi sekitar rumah.

Meramal dengan Timah Cair

Tradisi ini mungkin sering disebutkan dalam buku-buku anak-anak karangan pengarang Eropa seperti Astrid Lingren; anak-anak di Jerman, Swedia dan Austria sering memafaatkan momen tahun baru dengan meneteskan timah cair ke dalam sebaskom air untuk meramal masa depan. Timah cair yang diteteskan ke air itu kemudian akan membentuk bentuk-bentuk yang menggambarkan apa yang akan terjadi.

Misalnya, bentuk lingkaran melambangkan kemakmuran, bentuk lebah berarti akan ada pernikahan dan sebagainya. Orang dewasa juga melakukannya bersama anak-anak.

Jalan-jalan Membawa Koper

Orang-orang di Meksiko, Kolombia dan berbagai negara Amerika Latin lainnya sering membawa koper saat malam tahun baru, dimana mereka akan berjalan mengelilingi blok. Ini melambangkan harapan untuk bisa berkelana dan berpetualang ke tempat-tempat yang jauh. Walaupun kopernya tidak perlu dipak, lucu juga melihat orang-orang bahkan satu keluarga ramai-ramai berjalan sambil membawa koper dan tas besar-besar keliling komplek.

Nah, bagi sobat semua itulah beberapa kebudayaan tahun baru unik luar negeri yang  melambangkan tradisi dan kepercayaan beragam, dan patut diketahui untuk menambah wawasan.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Mengenal-Olahraga-untuk-Anak-ADHD
  • Manfaat-Training-Memanah-Bagi-Anak
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula

Comment here