Training

Training Ibu Hamil: Perlu Atau Berbahaya

Untuk menjaga kesehatan tubuh Anda perlu berolahraga secara teratur dalam porsi yang wajar tanpa berlebihan. Ibu hamil pun perlu berolahraga untuk membuat tubuhnya tetap bugar dan fit agar kesehatan janin dalam kandungan turut terjaga. Olahraga pada ibu hamil juga sangat membantu saat menjalani persalinan nantinya. Dari riset yang pernah dilakukan, bayi-bayi cerdas umumnya lahir dari ibu yang gemar berolahrga saat tengah hamil. Meskipun demikian Anda perlu memahami jenis training seperti apa yang aman dan dianjurkan untuk ibu hamil.  Berikut ulasannya.

Training-Ibu-Hamil-Perlu-Atau-Berbahaya
Training-Ibu-Hamil-Perlu-Atau-Berbahaya

Mengenal jenis training yang cocok bagi ibu hamil

Jangan sampai salah memilih olahraga yang akan Anda lakukan agar tak membahayakan calon buah hati dalam kandungan. Sebelumnya Anda wajib berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui kondisi kehamilan Anda apakah cukup aman atau tidak untuk berolahraga. Nah, inilah beberapa referensi ini bisa membantu Anda.

Jalan kaki

Pilihan olahraga ini memang yang paling aman, murah, dan menyenangkan bagi ibu hamil. Manfaat jalan kaki adalah membantu memperlancar kinerja jantung serta peredaran darah serta menjaga kesehatan ibu hamil. Jalan kaki boleh dilakukan sejak trimester pertama hingga menjelang kelahiran. Durasi yang disarankan adalah ½ jam pada track yang aman. Hindari kondisi jalan yang terlalu menanjak atau menurun untuk menghindari cedera dan sebaiknya pilih waktu di pagi hari saat matahari belum terlalu terik bersinar dan udara masih segar. Jangan lupa berbekal botol air minum agar tidak mengalami dehidrasi.

Renang

Kalau Anda sering merasa kepanasan di kala hamil, olahraga renang bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Kelebihan berenang adalah Anda tak cepat merasa lelah karena berat tubuh dalam air akan banyak berkurang dan untuk menopang beratnya ibu hamil tak perlu banyak bergerak. Berenang akan membantu mengatasi keluhan morning sickness, nyeri di panggul, juga bengkak di pergelangan kaki. Gaya renang yang direkomendasikan adalah dada dan punggung yang aman.

Senam

Di berbagai kota di tanah air Anda bisa dengan mudah menemukan kelas-kelas training ibu hamil. Manfaat senam adalah dapat meningkatkan kekuatan, kelenturan, serta stamina tubuh Anda. Sebaiknya saat melakukan olahraga ini Anda dipandu oleh instruktur professional.

Yoga

Selain kelas senam, beberapa studio yoga juga menyediakan kelas yoga bagi ibu hamil. Alasan Anda harus mencoba latihan ini adalah dapat melatih pernapasan, meningkatkan fleksibilitas tubuh dan mempersiapkan pinggul dalam proses persalinan. Melakukan gerakan-gerakan yang dapat membantu menyeimbangkan tubuh juga dapat mengurangi rasa sakit di bagian pinggang.

Pilates

Pilates juga merupakan training yang direkomendasikan bagi ibu hamil sama seperti yoga karena dapat membantu menguatkan otot-otot tubuh Anda, meningkatkan keseimbangan, serta memperbaiki postur ideal tubuh. Pilates yang semakin populer di tanah air ini juga mengajarkan teknik bernapas yang benar serta relaksasi.

Bersepeda

Bagi Anda yang terbiasa ngegym, sepeda statis bisa menjadi pilihan terbaik kala sedang hamil. Mengayuh pedal sepeda dapat melatih kaki Anda tanpa perlu memberatkan lutut serta sendi pergelangan kaki juga memperkuat jantung Anda. Selain itu menggunakan peralatan sepeda statis juga jauh lebih aman dibandingkan mengayuh sepeda di jalan. Anda bisa melakukan olahraga ini sejak trimester awal sampai akhir. Agar punggung bebas dari tekanan sebaiknya stang sepeda disetel lebih tegak sehingga Anda tak perlu membungkuk.

Walaupun training ibu hamil yang disarankan di atas cukup aman tapi tetap jangan sampai overtraining dan segeralah beristirahat bila tubuh terasa lelah.

Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
×
Reporter Online untuk situs PasBar Online, sangat menyukai renang, dan memiliki passion dibidang teknologi informasi. Saat ini menulis untuk berita, teknologi, wisata, bisnis, kuliner serta sosial dan budaya.
Latest Posts
  • Training-untuk-Penderita-Autis
  • Fitness-Untuk-Para-Manula
  • Mengenal-Metode-Hipnoterapi-Untuk-Menanamkan-Motivation
  • 6 Teknik Menjalankan Bisnis Properti Menguntungkan Untuk Pemula

Comment here